Custom Search

Selasa, 06 Juli 2010

Bunga Tahi Kotok (Tagetes Erecta L.)


Gambar Bunga Tahi Kotok


Nama latinnya Tagetes Erecta L., famili dari Compositae (Asteraceac).

Nama daerah:
Bunga Tahi Kotok, Bunga Tahi Ayam, Kembang Tai kotok (Indonesia); Oeillet d’inde (French); Marigold (English); Ades; Afrikaantjes; Wan shou ju (China).

Tanaman tahi kotok sering ditanam di halaman rumah dan taman-taman sebagai
tanaman hias. Tahi kotok berasal dari Meksiko, menyukai tempat terbuka yang terkena matahari langsung dan udara lembap.
Herba tahunan, tegak, tinggi 60 – 70 cm, becabang,dan berbau tidak enak. Ditanam pada halaman rumah dan taman-taman sebagai tanaman hias, Lebih menyukai tempat tempat yang terkena sinar matahari dan lembab. Bunga berbentuk bonggol (flower head), yang dikelilingi daun pelindung. Warna bunga kuning atau orange. Buah keras, bentuk garis, dan berwarna hitam.

Larutan bunga bisa digunakan untuk membunuh belatung pada tanaman. Caranya, gilingan bunga (3g) sampai halus, lalu tambahkan satu liter air. Saring dan siap digunakan untuk menyemprot tanaman.
Pada bunga tahi kotok, misalnya bau tak sedap yang muncul sangat dibenci nyamuk. Bukan hanya nyamuk yang menghindar, tetapi juga serangga lainnya. Di lahan-lahan pertanian, tahi kotok kerap ditanam berselang-seling dengan tanaman sayur untuk menolak serangan hama.
Zat terthienyl yang terdapat dalam tahi kotok akan menghambat kerja berbagai enzim yang ada dalam tubuh larva nyamuk. Zat lain dalam akar tahi kotok pun mampu membasmi jentik nyamuk dengan cara menghambat kerja enzim dalam tubuh nyamuk.

Tanaman yang berfungsi sebagai hiasan sekaligus penolak nyamuk, antara lain, selasih, tahi kotok, suren, zodia, geranium, rosemary dan tembelekan. Yang bisa dijadikan antinyamuk oles alami misalnya, kenanga, lavender dan catnip. Yang bisa dijadikan insektisida alami pembasmi nyamuk kebanyakan sudah sangat akrab di sekitar kita, seperti kayu putih, sereh wangi (untuk bumbu), akar wangi, cengkih, mimba, bunga pirentum dan bawang putih.

Sifat dan Khasiat:
Bunga rasanya pahit, sifatnya sejuk, berbau khas. Bunga tahi kotok berkhasiat antiradang, mengencerkan dahak, obat batuk, peluruh kencing (diuretic), dan memperbaiki gangguan pencernaan.

Kandungan kimia dalam bunga tahi kotok:
Bunga mengandung tegetiin 0,1% terthienyl, helenian 0,74%, flavoxanthin.

Bagian yang digunakan:
Bagian yang digunakan sebagai obat adalah bunganya. Bunga bisa dikeringkan untuk penyimpanan. Daun dan minyaknya juga berkhasiat sebagai obat. Pengobatan dilakukan untuk mengatasi radang mata (konjunkvitis), batuk rejan (pertusis), radang saluran napas (bronkhitis), radang tenggorok, sariawan, sakit gigi, perut kembung, mual, kejang panas pada anak.

Cara Pemakaian:
Untuk obat yang diminum, rebus bunga kering (5-15g), lalu minum airnya. Untuk pemakaian luar, cuci bunga segar, lalu giling sampai halus. Tambahkan cuka beras putih secukupnya, lalu gunakan sebagai tapal ditempat yang sakit, seperti gondongan (parotitis), radang payudara (mastitis), dan pegal linu (rheumatism). Akar dan daun segarnya juga bisa dipakai sebagai tapal untuk koreng di kulit (piodermi). Caranya giling sampai halus dan tempelkan pada bagian yang sakit.
Pemakaian lainnya yaitu untuk Batuk Rejan (Pertusis), caranya rebus bunga tahi kotok yang kering (15g) dan gula enau (secukupnya) dengan dua gelas air sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.
Pemakaian untuk Sakit Gigi dan Sakit Mata dengan diminum, caranya rebus bunga tahi kotok kering (15g) dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali. Masing-masing setengah gelas.
Pemakaian untuk Sakit Mata sebagai obat luar, caranya cuci bunga tahi kotok segar (satu kuntum), kemudian direbus. Setelah dingin, saring dan
gunakan untuk mencuci mata yang sakit dengan gelas mata.

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian:
Kandungan pyrethrin dan minyak menguapnya secara in vitro berkhasiat bakterisidal dan fungsidal.


E-book tentang Bunga Tahi Kotok bisa didownload di link berikut ini:

http://www.ziddu.com/download/10523617/bungatahikotok.pdf.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Top List

List